Dibalik Pembuatan Drama Radio PPI Dunia #7aya

hai, hai........ balik lagi nih ya, setelah sekian lama aku merenung sendirian *aciat, ini apasih?!?!

Aku mau ngepost sebuah pengalaman seru nih!!!! pengalaman apakah itu? Penasaran kan? makanya!!! jangan kemana-mana dulu XD hahahahhahahahha *berasa lagi siaran*

Kalian tau kan, Aku adalah seorang kapiten?! *GAAAA

ok, ini kita mulai serius yaaaa, di tulisan ini, aku ga akan galau tentang "siapa sih pria yang aku sukai?" ataupun, "Aku masih menunggu dia loh?!" LOL

kali ini, aku akan membagikan pengalaman berhargaku >.< sebuah portfolio yang aku realisasikan dan di dengarkan oleh banyak manusia-manusia yang berada di penjuru dunia. hmm walaupun manusia-manusia itu masih orang Indonesia, akan tetapiiii rasanya sudah senang sekali >.< hihihi

Jika kalian masih ingat dengan tulisanku yang berjudul "A Special Gift For You"? yang aku update di blog ku yang lain itu...... (maaf ya, blogspot.. aku meninggalkanmu/?)

Tulisan tersebut adalah sebuah FF alias Fanfiction, yang kebetulan pemerannya adalah Jessica ex-SNSD dan juga Super Junior's Donghae. Aku menulis fanfiction itu, ketika aku masih duduk di awal bangku SMA.

Bulan Mei ini, radio tempat aku menjadi announcer, akan merayakan hari bangkitnya yang ke 7 tahun. Dimana akan di rayakan banyak sekali event. termasukkkkkk event pemutaran Drama Radio. Dua bulan sebelum ini, aku yang seorang mahasiswa fakultas film art di salah satu universitas di Korea, dipercaya oleh mereka-mereka ini untuk menjadi penanggung jawab event Drama Radio ini. akan tetapiiiiii karena jadwal per-kpop-an dan jadwal perkuliahanku yang padat, belum lagi di tambah dengan bumbu kemalasan, aku lupa tidak mengerjakan tugas besar itu :"

ketika waktu rapat yang kedua akan di selenggarakan, aku baru mengerjakan pembuatan scenario drama radio, akan tetapiiiiiiii "BLOOM"!!! dokumennya ilang :" bahahahha ketika rapat dilaksanakan, aku menceritakan bahwa dokumen tersebut ilang ntah kemana :"D bahahaha

tapiii tapiii tapiiiiiii aku meminta perpanjangan waktu sekitar 3 hari untuk membuat naskah drama radio yang baru. setelah rapat berakhir, aku memutuskan untuk mengobok-obok file cerpen di harddisk, computer, dan juga di website ku. and finally, I found the normal genre of my fanfiction huhuhu

ya, fyi nih.. FF yang sering aku buat, adalah FF bergenre Romantis, dan memiliki rating NC 21 (No Child 21) - dimana rating tersebut tidak di peruntukkan bagi anak-anak dibawah umur 21 membacanya - Bahasa lainnya sih, fanfiction tersebut adalah fanfiction dengan genre porn.

semalaman aku nggak bobo, demi mengubah sedikit naskah fanfiction ku menjadi naskah scenario, dan merubah sedikit bahasanya menjadi Bahasa Indonesia yang baik dan benar (dan tentunya tanpa embel-embel Bahasa korea). dan Alhamdulillah, dalam waktu kurang dari 48 jam, naskah scenario itu berhasil di selesaikan.

keesokan harinya (bertepatan pada hari jumat), sepulang dari kampus kecintaan. aku menghubungi satu-persatu Sobat Siar (Sebutan untuk announcer di radioppidunia) atau Sobat Kru (sebutan untuk para kru), dan juga Sobat PPI (sebutan untuk para listener) untuk membantuku mengisi suara pada masing-masing karakter yang aku buat.

Iseng-iseng, aku mencoba menghubungi Sekar, seorang Sobat Siar baru yang masih dalam masa percobaan waktu itu. kemudian, aku juga menghubungi salah seorang DJ (Sobat Siar yang telah habis masa jabatannya aka pension) untuk berpartisipasi dalam drama ku ini, dan menjadi pemeran utamanya.

aku memberikan waktu sekitar 5 hari untuk para pemeran mengirimkan masing-masing rekaman suaranya. apakah bias dibayangkan? bagaimana hasil dari drama tersebut jika tidak ada gladi bersih sebelumnya? aku awalnya pun merasa takut. untung saja, ada Sobat Kru Adam yang bersedia membantuku kala itu.

Sobat Kru Adam, dia bertugas sebagai seseorang yang mengumpulkan file-file rekaman suara dari setiap pemain. awalnya dia juga membantuku dalam proses editing dalam drama ini. akan tetapiii aku adalah salah seorang yang tidak suka menunda waktu, jadinyaaaaaaaaa Adam yang kala itu sibuk bersama tugas kampusnya, aku tingkalkan sendirian untuk proses editing dalam drama radio ini.

Ketika aku sudah berhasil mengedit drama tersebut hingga scene yang ke 27, Laptop aku terdiam tak bergerak. Bayangkan saja!!! ada 32 scene, dalam 48halaman. sudah selesai 27 scene akan tetapiii file tersebut mau tidak mau harus hilang! lemas iya, pengen menyerahpun juga demikian. aku mengerjakan 27 scene tersebut selama 3hari tanpa tidur. betapa lelahnya diriku???

Akhirnya aku mencoba menghubungi ketua panitia pada HUT Radio ini, eeeeee seseorang ini malah ember ke Sobat Kru yang lain. BIKIN BETE!!! dalam sehari semalam (tanpa tidur) aku segera menyelesaikan editanku hingga scene ke 12. dan meminta salah seorang Sobat Siar lainnya yang berada di Jerman membantu Aku dan Adam untuk mengedit di bagian scene 13 hingga 21. Sedangkan Adam, aku memintanya untuk mengedit di scene 22 hingga 32. karena Sobat Siar Jerman tak dapat membantu kami, aku dan Adam memutuskan untuk membagi lagi menjadi dua bagian dalam scene 13 hingga scene 21.

Setelah adam berhasil mengedit bagian yang aku minta, Adam mengirimkan file tersebut melalui email. Tahukah apa yang terjadi???? maafkan aku adam, beberapa editan mu, aku ganti karena aku kurang puas dengan hasilnya. Feel Drama nya kurang berasa, sehingga kurang menimbulkan rasa "baper" di dalam nya.

Drama Radio harus di putar pada tanggal 15 Mei, akan tetpi aku kembali mengedit ulang di tanggal 12. benar-benar tidak dapat dibayangkan.. aku kembali lembur!!! untung saja.. ada beberapa bagian yg aku sudah edit sebelum adam mengirimkan file nya kepadaku. sehingga, tak perlu waktu lama untuk mengedit ulang drama tersebut.

dengan dedikasi yang kuat.. aku kembali mengeditnya. menyatukan setiap scene menjadi satu keutuhan. setelah itu... aku menguploadnya di akun soundcloud ku.

ketika aku mendengarkan nya kembali.. di bagian awal aku merasa tak puas. akhirnya, pada tanggal 14 malam, aku kembali mengedit drama tersebut, sambal siaran radio bersama Sobat Siar dan Sobat Kru yang lainnya melalui Skypee.

tanggal 15 pagi hingga malam, aku ada acara "Special Greeting bersama Pak Jokowi" di Lotte Hotel Seoul, sehingga membuatku telat untuk dating ke rumah. aku kembali kerumah pada pukul 10.30 waktu korea selatan, sedangkan drama akan di putar pada pukul 11.00 p.m waktu korea (9p.m WIB) akhirnyaaa aku meminta tolong pada Bapak Direktur untuk memainkan Drama Radio yang seadanya itu, yang aku upload di akun soundcloud ku. memang kurang puas sih... tapiiiiiiii respon pendengar yang "positif" dan membuatku tertawa, membuat aku merasa "Alhamdulillah, Drama Radio ku dapat menghibur mereka semua..."

"Imey, Adam! SELAMAT YAAA DRAMA NYA SUKSES! KEREN! BACKSOUNDNYA, SUARANYA, MUSIK nya... BIKIN BAPER PARAH"

ya, begitulah tanggapan mereka, membuatku dapat tersenyum lebar Karena bangga. Terimakasih ADAM!!! terimakasih SS Sekar!!! terimakasih koko phandri :) tanpa mu, karya ku juga tak akan sukses :3 hihihi...

akankah kalian mau bekerja kembali denganku untuk membuat squel drama tersebut? hihiihi


(Banner Drama Radio "A Special Gift For You")

Comments

Popular posts from this blog

Visit Find Kapoor Store in Seoul

Go To Art Box at Myeongdong, Seoul, South Korea

Visit SMTOWN COEX ARTIUM